Langsung ke konten utama

Persiapan Awal Mengendarai Sepeda Motor

Dalam berkendara sepeda motor perlu diperhatikan beberapa hal yang dapat menunjang keselamatan dan kenyamanan pengendara. Mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki, terdapat hal-hal yang disarankan untuk dilengkapi keberadaannya. Berikut saya rangkum hal-hal yang diperlukan untuk dilengkapi agar berkendara menjadi lebih aman.

1.    Sepeda motor
Aprilia RSV4
Sepeda motor merupakan hal pertama yang perlu dimiliki apabila anda ingin berkendara sepeda motor. Baik memiliki sendiri, maupun hasil meminjam dari orang tua atau teman. Sepeda motor yang akan digunakan juga harus dalam kondisi baik agar berkendara menjadi aman dan nyaman.  Jangan sampai karena lupa mengisi bensin, kenyamanan anda terganggu dan memengaruhi mood anda selama seharian.
Tidak peduli sepeda motor jenis apa yang anda gunakan. Semua sepeda motor harus menaati peraturan lalu lintas yang berlaku. Keselamatan anda juga merupakan keselamatan bagi orang lain yang anda kenal.

2.    Helm
Arai RX-7X
Mengapa hal ini berada diperingkat kedua? Mengapa bukan surat-surat kendaraan? Para satlantas porli akan lebih mungkin memberhentikan anda yang tidak menggunakan helm tapi bersurat lengkap dibanding mengenakan helm tapi tidak membawa surat kendaraan. Selain itu, walaupun anda membawa surat-surat secara lengkap, anda tetap akan diberikan surat bukti pelanggaran. Itu merupakan hal yang sering penulis amati selama penulis berlalu-lalang.
Kepala merupakan central processing unit dari tubuh kita. Semua kegiatan dan proses dalam tubuh diatur di dalam kepala kita. Oleh karena itu, perlindungan kepala merupakan hal utama yang ditekankan oleh kepolisian. Anda tidak akan diberhentikan karena memakai celana pendek dan tidak berjaket saat bermotor namun memakai helm. Tetapi, anda akan diberhentikan walaupun memakai wearpack serupa Dani Pedrosa tanpa mengenakan helm.

3.    Surat-surat kendaraan dan izin mengemudi
Tambahkan teks
Setelah kendaraan dipastikan dapat digunakan, lengkapi dia dengan surat tanda nomor kendaraan yang memang tertuju untuk sepeda motor yang akan anda tunggangi. Selain menunjukkan bahwa kendaraan tersebut memang berhak anda gunakan, itu juga diperlukan saat berhadapan dengan situasi harus menunjukkan STNK. Menggunakan surat kendaraan lain akan menyulitkan anda sendiri saat berada di lokasi yang membutuhkan pemeriksaan STNK.
Contoh SIM
Sebagai pengendara yang baik, lengkapi juga diri anda dengan surat izin mengemudi. Benda ini sebagai bukti bahwa anda paham dengan baik cara berlalulintas. Tanpa SIM, resiko terbesar yang anda hadapi adalah penahanan kendaraan atau penahanan STNK kendaraan anda. Tentu anda tidak menginginkan hal tersebut terjadi pada anda.

4.    Celana panjang
Penulis menyarankan anda untuk mengenakan celana panjang saat berkendara. Bahkan untuk para wanita. Penggunaan celana panjang dapat melindungi kaki anda dari angin dingin yang menerpa anda. Selain itu saat akan terjadi crash, anda akan lebih mudah menghindari  dampak lebih lanjut karena mobilitas kalian akan lebih mudah.

5.    Jaket
Jaket
Jaket akan melindungi anda dari terpaan angin selama perjalanan. Penggunaan jaket yang tepat dapat menambah daya tarik anda saat di atas kendaraan. Penggunaan jaket juga dapat mengurangi dampak dari crash pada bagian tubuh atas.
Bahan dasar dari jaket juga mempengaruhi seberapa baik jaket melindungi anda. Bahan kain adalah yang paling umum digunakan pada banyak pemotor. Selain lebih murah, jaket tersebut juga tidak merepotkan apabila harus dijinjing ke area yang anda tuju. Jaket berbahan kulit umumnya melindungi lebih baik dari bahan lain. Namun, apabila memang anda berlebihan uang penulis menyarankan anda membeli sebuah wearpack yang telah dilengkapi airbag.

6.    Sepatu
Sepatu
Alas kaki juga perlu anda perhatikan dalam mengendarai sepeda motor. Sepatu melindungi kaki anda semisal ada pengendara jahat yang melindas kaki anda. Sepatu juga mengurangi kebelangan tubuh anda.
Berbagai model sepatu dapat disesuaikan dengan tujuan anda berkendara. Ada sepatu yang menutupi hingga tiga perempat betis, ada yang hanya sampai di bawah mata kaki. Semakin panjang sepatu, semakin ia melindungi kaki anda dari cipratan air dan lumpur. Sepatu tersebut juga menambah ketahanan anda dalam berkendara agar tidak mudah sakit saat terbentur dengan objek lain.

7.    Sarung tangan
Hand gloves
Pergelangan tangan adalah bagian tubuh yang berhubungan langsung dengan kontrol kendaraan. Terlalu lama menggenggam stang tentu akan membuat tangan anda pegal. Sarung tangan ini dapat menambah durability lengan anda sekitar 15% - 50% bergantung sarung tangan yang anda kenakan. Sarung tangan juga dapat melindungi dampak belang lengan anda dengan bagian tubuh lain.
Sarung tangan yang penulis sarankan adalah seperti yang tertera pada gambar. Bentuknya yang menutupi seluruh permukaan tangan dapat melindungi dampak belang dari matahari dan efek luka kecelakaan. Tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak untuk membeli yang serupa dengan gambar. Sarung tangan berharga tiga atau empat puluh ribu rupiah sudah cukup untuk melindungi hingga 5 kali terjatuh dengan posisi tangan menahan tubuh.

Itulah hal-hal dasar yang perlu anda lengkapi apabila akan berkendara. Tidak seberapa uang yang anda gelontorkan demi keselamatan anda sendiri. Tetaplah berkendara dengan aman dan patuhi lalu lintas. Jangan jadikan egoisme anda menjadi malapetaka bagi diri anda sendiri.

Komentar